Selasa, 07 Juni 2011

Kelengkapan Fasilitas Bukan Jaminan Prestasi

Kebanyakan orang beranggapan bahwa fasilitas adalah faktor utama keberhasilan dalam usaha. Yang memiliki banyak fasilitas maka kemingkinan sukses lebih besar. Bisa jadi anggapan itu benar tatapi bisa jadi juga salah. Banyak orang yang memiliki banyak fasilitas tetapi pailit dalam usahanya, orang yang memulai usaha dengan modal kecil, fasilitas terbatas tetapi meraih kesuksesan luar biasa.
Dalam bidang pendidikan juga demikian. Banyak sekolah bahkan setiap sekolah selalu menuntut ketercukupan fasilitas dengan alasan bagaimana mungkin prestasi gemilang dapat diraih dengan keterbatasan fasilitan sedemikian rupa.
Hasil penelitian LIPI di era sembilan puluhan membuat 'geger' dunia pendidikan karena dari hasil penelitiannya disimpulkan bahwa tidak ada korelasi antara kesejahteraan guru dengan kinerja guru. Kalau kesejahteraan guru dimasukkan dalam katagori fasilitas yang serba tercukupi ternyata tidak berpengaruh terhadap kinerja. Kalau diperjelas tidak setiap guru yang kesejahteraannya baik lantas kinerjanya baik dan tidak pula yang kesejahteraannya kurang menjadikan kinerjanya buruk. Dalam hal ini kinerja dilihat sebagai prestasi kerja yang baik.
Anggapan bahwa fasilitas adalah faktor utama dalam meraih tujuan adalah benar dalam kondisi ideal, artinya fasilitas yang ada dimanfaatkan secara tepat guna, efektif dan efisien. Jika pemanfaatan dari fasilitas tidak sesuai dengan peruntukan maka sudah barang pasti fasilitas itu tidak bermanfaat.
Fasilitas yang hanya seadanya, jauh dari kondisi standar dimanfaatkan secara optimal dan tepat guna maka hasilnya akan lebih baik.
Fasilitas yang tidak tersedia, bagi orang yang mau berprestasi, maka dengan kesungguhannya itulah fasilitas dan dari fasilitas yang hanya berupa kesungguhan itu maka afasilitas-fasilitas yang lain akan diciptakan.
Tak sebanding mungkin fasilitas yang dimiliki MTsN Sumbergiri dibanding sekolah-sekolah faforit di Gunungkidul, tetapi untuk prestasi terbukti mampu bersaing, Nilai UN tertinggi untuk tahun 2010/2011 terbukti tidak mengecewakan B. Indonesia 8,80, B. Inggris 8,20, Matematika 9,25 dan IPA 9,75 nyaris sempurna. Mudah-mudahan kedepan labih baik lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar