Kamis, 10 Maret 2011

Visitasi ke 2

Peningkatan mutu, merupakan dambaan setiap manusia dalam segala bidang. Tak ada seorangpun di muka bumi ini yang tidak senang dengan peningkatan mutu.
Dalam bidang pendidikan peningkatan mutu juga menjadi primadona. Untuk meningkatkan mutu pendidikan, banyak hal yang dapat dilakukan. Karena demikian kompleksnya permasalahan pendidikan maka peningkatan mutu pendidikan tidak dapat hanya diperbaiki dengan memperbaiki beberapa bagian dari sekian banyak hal yang berpengaruh terhadap mutu pendidikan.

Secara garis besar ada tiga pilar utama pendidikan yaitu 1. Sumberdaya manusia yang dalam hal ini terdiri dari Peserta didik, Tenaga Pendidik, dan Tenaga Kependidikan. 2. Sarana dan Prasarana Pendidikan. 3. Kurikulum. Lingkungan merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari 3 hal tersebut. Peningkatan mutu pendidikan tidak dapat terlepas dari 3 pilar tersebut. Artinya untuk meningkatkan mutu pendidikan maka 3 pilar tersebut harus berdiri kokoh sebagai tumpuan, sehingga harus merupakan obyek yang harus senantiasa diperbaiki.

MTs Negeri Sumbergiri yang merupakan institusi pendidikan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan berupaya melakukan perbaikan mutu pendidikan melalui perbaikan di 3 pilar tersebut.
1. Peningkatan mutu Sarana dan Prasarana.
Di Tahun 2010 MTs Negeri Sumbergiri telah melengkapi laboratorium TIK dengan jaringan internet, yang    dapat diakses oleh  seluruh siswa dan warga MTs Negeri Sumbergiri. Sementara itu di tahun 2011 juga telah menganggarkan anggaran belanjanya untuk memperbaiki dan menambah sarana dan prasarana yang diperlukan.
2. Peningkatan Mutu Kurikulum.
KTSP MTs Negeri Sumbergiri secara periodik di update melalui workshop. Demikian pula dalam rangka mengimplementasikan KTSP tersebut maka guru difasilitasi dengan fasilitan yang relatip memadai.
3. Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
Dalam tahun anggaran 2011 direncanakan untuk dilaksanakan Workshop Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan. Ditargetkan dalam kegiatan tersebut diikuti oleh 30 peserta, dan pelaksanaannya direncanakan di bulan Juni atau Juli 2011.
Sementara itu untuk tenaga pendidik (Guru). Di bulan Desember 2010 telah dilakukan visitasi yang pada saat itu dihadiri oleh Kasi Mapenda Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul dan Pengawas Pendidikan Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul. Selanjutnya bulan April 2011 yang akan datang juga akan dilakukan visitasi kembali oleh Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Gunungkidul.
Satu hal yang sangat menguntungkan bagi MTs Negeri Sumbergiri dimana untuk MTs yang lain belum sekalipun mendapatkan visitasi sedang di MTs Negeri Sumbergiri dalam waktu 3 bulan terakhir telah akan dilakukan 2 kali visitasi.
Terkait dengan hal tersebut maka warga MTs Negeri Sumbergiri harus berterimakasih atas penjadwalan visitasi Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul yang menguntungkan MTs Negeri Sumbergiri. Mudah-mudahan visitasi tersebut mendukung peningkatan mutu pendidikan di MTs Negeri Sumbergiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar